.avatar-image-container img { background: url(http://l.yimg.com/static.widgets.yahoo.com/153/images/icons/help.png) no-repeat; width: 35px; height: 35px; }

"Memento Mori"

What is the PRECIOUS thing you TREASURE most in your LIFE?

"Memento Mori" means:

Remember you are mortal...

Vita brevis breviter in brevi finietur,
Mors venit velociter quae neminem veretur,
Omnia mors perimit et nulli miseretur,

Ad mortem festinamus peccare desistamus.


Akhir2 ini aku lagi kesengsem sama lagu-lagunya 3 Doors Down. Sebenarnya sudah denger dari dulu, tapi ngresapin makna dari liriknya baru akhir-akhir ini aja. Seperti phrase dari lagu "Citizen Soldier":

..I'll walk beside you but you may not see me, 
the strongest among you may not wear a crown..
   
Phrase ini terasa kuat banget, berakar dan tertanam dalam, terutama mungkin bagi para tentara, baik tentara nasional, tentara fiktif maupun tentara mainan :D. Kalimat pertama menyatakan bahwasanya mereka siap bekerja tanpa pamrih dan selalu siap bersukarela dalam membantu masyarakat (konon), walaupun kenyataannya mungkin sedikit berbeda. Kalimat kedua, ini benar-benar kontradiktif kongkrit, bahwasanya kuasa mutlak bukanlah berada di tangan orang yang memegang 'mahkota'. Mungkin sedikit ambigu ya, kalo sudah seperti itu lantas siapa? Jelas lah, kerja para 'mereka' yang hanya memerintah doang, sangat berbeda dengan mereka yang memerintah, tetapi juga berbaur dengan orang-orang dan menyatu dengan alam. Ngerti kan?

Banyak juga yang lain, tapi ntar jadi review lagu deh, padahal mo yang lain, haha :p.


Ok, lanjut ya? Pernah gak mencoba berbicara dengan seseorang, terus mencoba untuk meyakinkan mereka? Kalo pernah (atau malah sering) coba perhatikan gaya tubuh (gesture) kamu, disaat kamu ingin benar-benar meyakinkan seseorang, semisal: seorang pengacara kepada kliennya, pasti tubuhnya akan condong mengarah ke depan, menghadap ke seseorang yang ingin diyakininya. Sedangkan jika seseorang berbicara dengan orang lain dan tubuhnya agak sedikit mundur2 atau condong ke belakang, itu indikasi kalo dia malu-malu, ingin PDKT (kalo dengan lawan jenis) tapi susah ingin mengutarakan, misalkan :D .

Langsung ke inti....sebagai Trickster yang baik, di artikel pertama aku sudah mengupas salah satu cara persuasif yang dipake salesman, kini saatnya mengasah kemampuan kita untuk menjadi seorang investigator yang baik. Pasti pernah lihat acara talk show "Kick Andy" kan? Terkadang si Nova dengan kritis menanggapi peryataan narasumber dimana mungkin kalimat tersebut terdengar biasa di telinga kita, tetapi tidak jika peryataan tersebut diikuti dengan gugup maupun gerak-gerik lain. Normalnya terlihat (tetapi lebih sering 'invisible n undetectable'), dan itu tanda jika dia 'sedikit' berbohong. Sekarang kita akan membahas gerak-gerik atau tanda-tanda ketika lawan bicara kita berbohong.... (penulis tidak bertanggung jawab, jika setelah membaca artikel ini dan menerapkannya, maka pembaca akan menemukan bahwasanya kenyataan itu pahit, seperti di lagunya Iwan Fals)  

"Sometimes Ignorance is bliss; after gaining this knowledge, you may be hurt when it is obvious that someone is lying to you."
~{x-Penasaran? Langsung aja "click" judulnya 2 recall it back...-x}~


Body Language of Lies:
1. Ekspresi fisik akan terbatas dan kaku, dengan sedikit gerakan lengan dan tangan. Atau malah jadi dia melakukan banyak gerak, gelisah dan terlihat cemas (kalo yang kedua biasanya tipe yang tidak profesional, amatiran. Para pembohong pro, misal: pengacara2 licik di luar sana, dapat menyeimbangkan keduanya sehingga terlihat 'normal').

2. Orang yang berbohong kepada kamu akan menghindari kontak mata. (matanya melirik kesana-kemari, tetapi tidak bagi pembohong pro)

3. Mereka sering menyentuh wajah, tenggorokan dan mulut. Bisa juga menyentuh atau menggaruk hidung atau di belakang telinga mereka. N gak mungkin mereka menyentuh dada dengan tangan yang terbuka. (Lumrahnya karena bagian 'dada' memegang peran vital dalam memainkan hati dan perasaan)


Emotional Gestures n Contradictions:

1. Terkadang apa yang dilakukan oleh si pembohong sedikit kacau, atau berbeda dengan kesehariannya. Misalkan, biasanya, si pelaku tu pendiam, tetapi ketika bohong, dia malah agak banyak gerak. Sering emosi wajah yang ia tunjukkan menetap lebih lama (misalkan ketika dia diajak pergi, lalu dia tersenyum, kalo setelah bilang 'iya' dia masih tetap tersenyum, maka sudah dipastikan dia bohong.) atau bahkan dia tertawa terbahak-bahak terus tiba-tiba langsung berhenti? Itu juga pertanda.


2. Waktu emosi yang seharusnya ditunjukkan, tidak pas dengan kenyataan. (Misalkan, disaat kita memberi hadiah atau kado kepada seseorang, dia mengucapkan: "Terima kasih! Aku seneng banget!" kemudian tersenyum, itu bohong. Orang yang benar-benar senang atas hadiah yang ia terima akan tersenyum seiring dengan mengucapkan rasa terima kasih.)

3. Ekspresi yang ditunjukkan berkontradiksi dengan apa yang ia ucapkan (Semisal dia bilang, "Aku sayang kamu" tetapi degan muka yang berkerut-kerut. Ap g lucu?)

4. Ekspresi yang ia tonjolkan hanya terbatas pada pergerakan otot mulut saja, tetapi otot-otot lain sekitar wajah tidak ikutan (seperti saat sedih, marah, bahagia, dst). Gambar dibawah menjelaskan, beda antara senyum asli dan senyujm palsu. Senyum palsu (hanya utk basa-basi, pura2, sekedar sopan tw hormat), maka otot yg bergerak hanya skitar mulut. Sedangkan senyum asli (lihat gambar dibawah), berapa banyak otot wajah yang ikut bergerak? (Catatan: Para narasumber sering sekali aku dapetin hanya tersenyum palsu atau para model)       

Interaksi dan Reaksi  
1. Orang yang bersalah lebih sering bereaksi secara defensif. Sedangkan mereka yang sebenarnya tidak salah tetapi sedang tertuduh, akan berbalik ofensif.

2. Seseorang yang sedang berbohong tidak akan nyaman menghadapi lawan bicaranya, mungkin memalingkan muka atau badannya sehingga tidak menghadap langsung.

3. Seseorang yang sedang berbohong tanpa sadar mungkin meletakkan suatu benda diantara dia dan lawan bicaranya (bisa berupa buku, gelas, dsb)


Gaya Bicara 
1. Seseorang yang sedang berbohong akan menggunakan kalimat pertanyaan yang diajukan kepada dia sebagai jawaban. Cth: "Eh, barusan kamu beli 'ini' disana ya?" "Yups, barusan aku beli 'itu' disana."
2. Terkadang seseorang yang sedang berbohong tidak memberikan jawaban langsung tetapi mengarahkan pokok pembicaraan ke arah lain.
3. Orang yang bersalah berbicara lebih dari yang kita tanya, dengan menambahkan beberapa detail yang terkadang tidak berguna, karena mereka akan merasa gelisah apabila ada jeda atau pause disaat berbicara.
4. Kata-kata yang diucapkan orang berbohong tidak beraturan, terbata-bata dan amburadul (kalo pembohongnya amatiran)
5. Mereka menggunakan distance language.  


Tanda-tanda lain orang sedang berbohong
 1. Kalo kamu merasa mendapati orang yang sedang berbohong, coba langsung ganti topik pembicaraan. Kalo dia merasa enjoy dan langsung mengikuti arah pembicaraan lain yang kita maksud (misal dari habis bahas 'kamu dari mana?' berganti ke 'kamu habis ngapain') dan dia rileks-rileks aja ngikut pembicaraan kita, berarti tadi dia sedang berbohong. Orang yang tidak berbohong malah akan bertanya-tanya mengapa kita tiba-tiba mengganti topik pembicaraan.
2. Menggunakan humor atau sarcasm untuk mengganti subjek.


Terakhir, beberapa tanda diatas tidak sepenuhnya mengindikasikan bahwa lawan bicara kita sedang berbohong atau tidak, karena terkadang memang sedikit bercampur sama watak asli seseorang. Tergantung kita aja, banyak-banyak latihan kalo mo bisa. Sering-sering pasang mata, pasang telinga, eratkan kedua bibir, tajamkan intuisi dan mainkan instrumen jiwa, haha! Silahkan coba dulu tips diatas, dan nantikan artikel2 selanjutnya, yikes...


Source: here

17 comments:

Yaks.. Pertamax lagi. Dah byk mia jd pertamax di sini, ada hadiahnya ga rav hehehe

Ah,mia sering gugup tau rav kl bicara dg org yg mia anggap penting. Pdhl mia ngomong jujur kok, cm karena berusaha utk mengesankannya malah jadi gugup grogi disko hahaha bete deh

Trus mia kalo ngomong ma lawan jenis, sering ga kontaks mata langsung. Apalagi ma someone yg di suka.. Kyaaa ga berani ngmg sambil liat matanya. Dah mau pingsan duluan kl natap matanya. Maluuu kyahahaha *blush*

March 14, 2010 at 1:19 PM  

Aku datang membawa lagu ciptaan ku...semoga kawan senang..mohon komentar nya ya..

March 14, 2010 at 2:05 PM  
Yunna said...

tentang bohong,,no komen ah.....

March 15, 2010 at 7:17 AM  
kang tejo said...

3 doors dowmn emang mantep Om raven..
apalagi yang whitout you accoustic......

ternyata bohong pun ada detectornya...
berarti untuk menjadi pembohong yang sejati harus baca detektor ini agar kita tidak ketahuan boong, sebab kita menggunakan taktik n startegi yang sudah diketahui masyarakat..wkwkwkwk..*kabur pake baling2 bambu doraemon*

March 15, 2010 at 9:01 PM  

wah boleh nich detektornya...ati2 nich para pacar2 pembohong, raxen dah pny trik mengetahui pemboong nich...

March 16, 2010 at 12:36 AM  

x>KucingTengil: mo hadiah? ad nih mknan spesial ala Mesir, mo yg pling mahal jg bleh, tp ambl sndri y :P

well, kl gugup pas ngmong sm org pnting mah wajar, ak jg dl srng gt, tnggal dibiasain aj

nah, kl sm lwan jnis jg persis. Orng cnderung malu mnatap mata orang yg ia skai (kcuali kl dah dketan bgt), psti biasa merunduk malu2 kcing gt (eh, lp ni ak lg ngmng sm kucing kn y?)

x>Willo: wah, trims sob dah mampir, laguny dah liat, lirikny lmayan. Cmn lbh sneng nge-rock drpd akustik :D

March 16, 2010 at 1:11 PM  

x>Yunna: haha, kenapa?

x>KangTejo: wohoho, fan 3DD yg lain masuk :D

boleh sob, tpi metode2 d ats cm sprskian persen aj, ntr brikutny bkalan ak kpas lg yg lain

x>DewiPemimpi: *pssst..*...tell nobody, please

March 16, 2010 at 1:14 PM  
Sari said...

Soal kontak mata yaa...aku siy kalo bicara pasti kutatap *ceileeee* mata lawan bicaraku. Dari mata itulah, aku menilai karakternya.
Kalo soal berbohong, dari sejumlah indikasi yang kamu uraikan diatas, ada beberapa hal yang sering aku jumpai. Mereka ga boong tapi gerakan tubuhnya emang bawaan orok hehehe. Jadi, mesti lebih telaten lagi nih merhatiin tanda2 lain diluar itu.

March 17, 2010 at 12:41 AM  

di alex kemaren ane liat buku tentang psikologi gituh keren bukunya sayang cm baca dikit....liat tulisan nt jdi inget isi buku itu...:)
keren..!!!!keren...!!!!

March 17, 2010 at 10:40 AM  

Ah.. Siapa blg kl dah deketan jd berani liat matanya. Tuh mia dah 8 thn kenal n kita akrab. Tp ampe skrg kagak berani liat dia lama2. 10 detik aja dah grogi disko wakakakakak pingsan dulu aaah *pilih2 tmp pingsannya*

March 18, 2010 at 10:31 AM  

makanya jangan bohong
:p

March 19, 2010 at 3:06 AM  
rid said...

udah balik lagi rupanya :D
info yang bagus (mau cari kelinci percobaan dulu ^^)hehehe

March 19, 2010 at 5:17 AM  

x>Sari: haha, emang shrusny dlm prckpan it gt. Palgi yg siap2 mo trjun k laut politk, dsb. Hnya mngkn apbla kt mandangin mata lwn bcara lama2 bs mnmblkn ksan nantang, bhy jg.

x>Cenith: waduh, cb kmu bli nit, ntr bs ak pnjem :P

March 19, 2010 at 10:03 AM  

x>KucingTengil: Geez...dasar kcing yg malu2 kcing, masa dh 8 thun msh ttep gt, haha :D

x>readhermind-dy: yupz! jangan bhong, tpi berkreatiflah dlm kbnaran..

x>rid: definitely i'm back, dude, haha :D

March 19, 2010 at 10:07 AM  
ata-andie said...

oooo gitu ya. tapi kalo gitu, pembohong sama pemalu hampir sama dong #ahem

March 21, 2010 at 1:28 PM  

x>ata-andie: well, tergantung karakteristik, kn dah djlasin d atas. Agak susah emang bedain kl dah gt, byk2 latihan aj :D

April 2, 2010 at 2:52 PM  
Anonymous said...

Aku sering kayak gitu tapi gak boong kok, Emang kebiasaan :3 ati2 ya pada...

July 25, 2014 at 5:27 PM  

Post a Comment