.avatar-image-container img { background: url(http://l.yimg.com/static.widgets.yahoo.com/153/images/icons/help.png) no-repeat; width: 35px; height: 35px; }

"Memento Mori"

What is the PRECIOUS thing you TREASURE most in your LIFE?

"Memento Mori" means:

Remember you are mortal...

Vita brevis breviter in brevi finietur,
Mors venit velociter quae neminem veretur,
Omnia mors perimit et nulli miseretur,

Ad mortem festinamus peccare desistamus.


Manusia Label

Sumringahnya dilabeli. Menjadi manusia label itu enak, semakin membuat kita mengerti sesempit apa informasi yang mereka ketahui tentang kita, dan seluas apa jarak jangkau label tersebut menembus hati orang-orang di sekitar. Apalagi dapat label yang pahit. Ironisnya, setidaknya tidak ada istilah 'muna' yang terlontar jika kita berlaku buruk, karena berarti tingkah laku keluar sesuai label didapat.

Andai manusia bisa jujur dan bijak bersikap, seyogyanya label tidak akan ada sejak awal. Tidak usah juga mengubah label dalam tingkah laku diumbar terpaksa. Seandainya setiap hati bisa mengerti, perkataan blak-blakan di depan, apa adanya, dengan tulus, tanpa hasrat menyakiti, hanya menjunjung etis kebaikan, jauh lebih baik daripada gumaman kata buruk menusuk dari belakang atau malah dipendam.

Ah, tapi apalah saya seorang penggumam yang seringkali menikmati tabiat dan perilaku manusia dan hanya disimpan sendiri. Butuh cahaya yang lebih kuat agar bayang semakin perkasa. Butuh menikmati banyak label lagi untuk ke depan dan keteguhan untuk menerimanya dengan senyum dan kebijaksanaan. Apalah daya, yang menulis ini hanyalah manusia tanah liat. Pendosa!

Sudah cukup. Mari hidup di dunia label.