.avatar-image-container img { background: url(http://l.yimg.com/static.widgets.yahoo.com/153/images/icons/help.png) no-repeat; width: 35px; height: 35px; }

"Memento Mori"

What is the PRECIOUS thing you TREASURE most in your LIFE?

"Memento Mori" means:

Remember you are mortal...

Vita brevis breviter in brevi finietur,
Mors venit velociter quae neminem veretur,
Omnia mors perimit et nulli miseretur,

Ad mortem festinamus peccare desistamus.


My New Year Anthem

"Love is blind, eh? Then I'll just keep my eyes shut for a while..."
~Anonymous~





This parasite says in his blah-blah-blah:

Counting down, shan't we? Tahun 2010...well, berarti kalo ramalan suku Maya digado dengan ocehannya mpok Lauren, maka tinggal dua tahun lagi kita bisa foya-foya, hidup hura-hura, makan tahu + tempe selagi sempat...sebelum tahun 2012 datang dan meneror kita dengan hidup kebanyakan garam! Bayangkan!
~{x-Penasaran? Langsung aja "click" judulnya untuk artikel lebih lengkap!-x}~

Okay, karena penjelasan mengenai 2012 dah banyak diposting dimana-mana, mending bahas mengenai Tahun Baru aja.

Kalo ada orang bilang, "Rav, lo gak ngerayain tahun baru?". Boro-boro tahun baru, ulang tahun sendiri aja gak pernah dirayain. Palingan cuma dikasih duit, trus belanja novel + komik (dulu waktu di Indonesia), udah selesai gitu doang. Sekarang di negeri orang... mo ngerayain tahun baru?! Haha, mending habisin diktat dulu, mana harus pasang bendera putih sama musim dingin disini yang demen banget gigit tulang, ugh!!



Lagian, apa coba manfaat kita ngerayain tahun baru? Oke dah, kalo ada yang bilang, "Kan tahun baru, jadi semangat musti harus baru, pikiran harus lebih jernih, dan semua yang usang-usang harus diganti dengan yang baru!". Well, untung gak ada yang bilang, ho, karena tahun baru, berarti pasangan juga harus baru. Si doi harus diganti dengan yang lebih macho, atau aduhai, misalkan. Ngaco juga. Atau ambil contoh lain, seandainya jika dan hanya jika tahun baru tu gak usah dirayain dengan bikin orang-orang kaya (monyet) lebih kaya (king-kong) lagi, tapi malah kita salurkan kepada mereka yang tertindas, contoh: Ibu Prita, apalagi kasusnya yang masih berujung horison, belum terlihat garis finishnya, menyisakan hati-hati yang masih berpunya empati rela menahan koin 500 rupiah yang biasanya dibelikan permen karet, untuk disumbangkan kepada si Ibu. Lebih mendingan kan?

Well, boleh lah merayakan, tapi ingat pals, jangan berlebihan. Percuma hura-hura. Percuma ber-glamour foya. Apa kamu begitu cintanya dengan tahun baru sampai2 melupakan cinta kepadaNya yang telah menciptakanmu? Bukannya sok menasehati, tetapi kalo kita berpikir lebih bijak (homo sapiens: makhluk yang bijaksana), maka perayaan tahun baru akan terkesan hanya menjadi ajang buang duit daripada sebuah sarana untuk lebih memperbaharui semangat, niat, ataupun idealisme berkarat. Kalo cuman ngucapin selamat doang sih gpp, tapi...bukankah banyak hal yang lebih patut kita ucapkan selamat daripada sebuah tahun baru - yang tanpa kita sadari, malah bikin kita tambah deket sama yang namanya Pintu Kematian?

"Selamat ya, kamu sudah 20 tahun sekarang!", dengan muka berbinar-binar orang-orang menyalami kita. Jelas senyum tulus lah yang terpasang di wajah yang sumringah tersebut, tanpa mereka sadari...bahwasanya sama saja mereka dengan menandatangani kontrak kematian orang yang mereka salami.

Karena, bukankah semakin bertambah umur kita, semakin besar pula peluang kita untuk bertemu denganNya?

Terus apa hubungannya dengan "love is blind?" Sekedar spin-off, iseng-iseng aja mo bahas ini. Kan katanya cinta itu buta, tidak mengenal waktu, terkadang tidak mengenal usia dan terkadang tidak mengenali hakikat cinta itu sendiri. Terus kira-kira bagaimana sebuah essence tersebut bisa berjalam langgeng? Jika berjalan tanpa rambu-rambu, lihat kiri-kanan, dan hanya grasa-grusu menatap ke depan dengan pandagan mabuk menerawang? Mana bisa bertahan lama kalo begitu, ya kan? Ah, tau juga. Jadi bingung sendiri.

Anyway, aku turut berduka cita dengan meninggalnya salah satu tokoh negara Indonesia terkemuka, walau terkadang ide-idenya terbang melintasi benua tanpa bisa diraih oleh siapapun, tetapi tetap dia sempat mengharumkan nama Ibu Pertiwi kita, yaitu: KH. Abdurrahman Wahid a.k.a. Gus Dur, dimana beliau telah melepaskan nafas leganya dari dunia fana ini pada 30 Desember 2009 (yang kepengen baca biografi lengkap beliau, silahkan mampir ke blog temen disini).

Au revoir, Gus! Hasta la vista en Viva pinata! (:P) Dan selamat tahun baru juga untuk temen2 semua! Semoga aspirasi diatas tidak tersia tertulis menjadi asa belaka! Sebagai memento untuk tahun baru, berikut aku quote sebuah lagu dari Dragon Ash. Enjoy!

Shizukana hibi no kaidan wo
(The stair steps of a quiet day)

Kaze ga yannda sora no mashita
(Under the sky without the breeze)

mizukara no te de tukamu ashita!
(I reach out to catch tomorrow!)

Shizukana hibi no kaidan wo...
(The stair steps of a quiet day...)

7 comments:

NyieL ^_^ said...

Ea,buat apah yah taun baru dirayain scr lebbaii,,,,,
enakan dirumah! nonton tipi ma keluarga biar ndud! (:
Hiks! semakin bertambah umur,
semakin dekat pula jarak qita menuju neraka,
eh,surga denk! hhe (:
pliz visit 'n koment yea!

December 31, 2009 at 6:07 AM  
Si_Isna said...

sama donk... saya juga jarang ngerayain ultah...
tapi kalo taon baru saya memang keluar, bukan buat ikut ngeramein, tapi buat nyari tempat sepi buat merenung... hihii...

ooo... jadi skrg ga di Indonesia toh, kalo boleh tau emang skrg domisili dimana...?

December 31, 2009 at 7:30 PM  

selamat tahun baru 2010
hayo..semangat supaya tahun ini bisa lebih baik lagi :)

January 1, 2010 at 7:19 AM  

x>Nyiel: yups, tapi banyak banget yang ngerayain dengan lebay. kalo untuk standar mahasiswa kere kaya aku (apa kita? :P) mah ya di rumah aj...blogging

x>Si_Isna: wah, keren2. salute n agreeable bgt, cari tmpat wat nyepi pas thun baru feels so difficult. well, let's guess....dmna firaun dimumikan?

January 2, 2010 at 3:25 AM  

x>Henny: okay, thx. smoga tahun ini kt smua bs tmbah keren dlm sgala hal :)

January 2, 2010 at 3:26 AM  
Shin-kun said...

Hehehe, Shin-kun malah cuma di rumah ajah taun baru ini, ada siy sarasehan sama temen dan pengajian, menurut Shin-kun, itu lebih bermanfaat ketimbang ajojing di jalan, :D. Met taun baru Sob, semoga di taun ini lebih sukses :)

January 2, 2010 at 6:35 AM  

Mia semangat ngerayain tahun baru waktu masih SMU dulu sih, asik aja liat kembang apinya dan hang out rame2. Kalo sekarang, udah puas liat keindahan kembang api tanpa pergi berdesak2an keluar merayakannya, Capek booooo ngeliat lautan manusia yg ngebludak... aniway... met taun baru yaaaaa^^

January 3, 2010 at 11:22 AM  

Post a Comment