.avatar-image-container img { background: url(http://l.yimg.com/static.widgets.yahoo.com/153/images/icons/help.png) no-repeat; width: 35px; height: 35px; }

"Memento Mori"

What is the PRECIOUS thing you TREASURE most in your LIFE?

"Memento Mori" means:

Remember you are mortal...

Vita brevis breviter in brevi finietur,
Mors venit velociter quae neminem veretur,
Omnia mors perimit et nulli miseretur,

Ad mortem festinamus peccare desistamus.


"Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap." 
~ William A. Ward~

My deepest apologize....untuk semua. Karena jarang OL, karena jarang muncul update nih blog...*hikz*. Emang susah hidup di lima alam. Pas lagi enak-enaknya hidup di air, eh ditarik pasir. Ketika lagi santai menikmati angin, tahu-tahu jatuh tenggelam. Yah, begitulah...hidup di negeri orang emang manis-manis kecut. Saat kita seakan merasa berjalan di atas jembatan kokoh, eh, kaki terpeleset. Bagus.

There's something buried in the words above... 

Banyak burung-burung jinak setelah keluar dari sangkar, lupa darimana mereka berasal. Lantas tersesat dalam fatamorgana bernama 'kerepotan' dan 'organisasi'. Hingga akhirnya tiba saat puting beliung, menarik lepas bulu-bulu mereka, menghisap tubuh mereka dan menghempasnya jatuh ke tanah - hanya untuk kembali melihat bahwasanya langit masih biru. Tetapi...semua sudah terlambat.

 
~{x-Penasaran? Langsung aja "click" judulnya 2 recall it back...-x}~

Hari itu aku melihat segerombolan awan mendayu lembut. (Ahh.....Udah ah!!! Dari tadi bersajak terus, back to topic!) Well, beberapa hari yang lalu habis namatin game tactical-strategy di NDS nih, keren banget. Jadul sih, dah rilis beberapa tahun yang lalu kalo gak salah, tapi entah ya, kok baru kepengen namatinya baru-baru ini? Padahal udah ngendon di DSku berapa sesi, baru kemarin aja 'ngeh' mo mainin. Eh, ternyata ceritanya keren banget! Mana bahasa Inggris yang dipake didalamnya bahasa sastra lagi. Top!! Judulnya.....Valkyrie Profile: Covenant of the Plume!
 
Ceritanya mengenai seorang pemuda bernama Wylfred yang bertekad membalas dendam atas kematian ayahnya di tangan Valkyrie. Apalagi setelah kematian ayahnya menyebabkan adiknya, Leslie juga terpaksa mengehembuskan nafas terakhirnya, bahkan sang ibu menjadi gila. Sebenarnya sang ayah sendiri belum mati, hanya saja ruhnya telah berpindah alam dari dunia manusia ke dunia para dewa. Lebih spesifik lagi, dia menjadi pasukan perang Odin yang  disebut Einherjar

Di awal perjalanannya, dia mempunyai sahabat bernama Ancel. Mereka berdua adalah mercenaries, pejuang bayaran yang rela melakukan apa saja demi uang. Awal konfilk dibuka ketika Wylfred hampir menemui ajalnya. Di ambang hidup dan mati, dia mendengar sebuah suara (nanti diperkenalkan dalam game, suara tersebut berasal dari Hel - dewi kematian, sosok rival Lenneth atau lebih dikenal sebagai valkyrie) yang meyakinkan Wyl bahwa dia akan membantu Wyl untuk membalaskan dendamnya kepada valkyrie - tetapi dengan syarat, dia harus melakukan sebuah perjanjian (covenant) diatas sehelai bulu hitam (plume). Dimana Wyl harus tega mengorbankan nyawa orang-orang yang mengelilingi hidupnya (teman, partner, sahabat, keluarga). Disitulah Ancel menjadi korban pertama sang bulu. Dan Wyl, ditimpa oleh rasa bersalah, langsung melarikan diri. Saat ia mulai meratapi nasibnya, muncullah Ailyth - tangan kanan Hel, sebagai penunjuk jalan atau pembimbing Wyl dalam misi perburuannya mencari valkyrie.

Singkat cerita, dalam perjalanannya dia akan menemui banyak orang, sekaligus dengan karakter dan watak yang berbeda-beda. Semakin dalam dia terlibat dalam intrik kekacauan antar kerajaan di mana Wyl ikut turun tangan dalam peperangan-peperangan yang terjadi, semakin dalam pula dia mengenal sosok sejati dirinya dan menemukan konklusi: bahwasanya balas dendam tidaklah menghasilkan apa-apa. Dia hanya kabur dari pahitnya realita kehidupan, dan kini tiba saatnya Wylfred untuk kembali meluruskan kesalahan-kesalahan yang telah ia perbuat...
 

Valkyrie Profile (definisi lebih lanjut sudah diulas disini) sebenarnya game jadul banget, sudah dari zamannya kakek PSX dulu. Diangkat dari mitologi Norwegia asli, VP sudah muncul di berbagai console. Mulai dari VP d PSX, dilanjutkan di dalam VP 2:Silmeria  di PS2, lalu muncul spin-off  yang menceritakan asal-muasal sejarah valkyrie di VP: Lenneth yang menjadi hits d PSP. Terakhir baru, mengambil plot yang berlawanan banget dari seri VP sebelumnya, di VP: Covenant of the Plume, justru valkyrie menjadi sosok antagonis.

Gameplay-nya sendiri tidak berbeda jauh dengan seri2 VP sebelumnya, masih dengan tactical-strategy . Kita memilih karakter, memindah, lalu memilih action antara: attack, defense, changing arms (ganti senjata), use tactics (melumpuhkan lawan, membuat pertahanan menjadi dua kali lipat, dsb), invoke feather (khusus Wyl, mengorbankan teman) ataupun use items. Walaupun dalam segi grafis, jujur, gak ada kenaikan. Mirip banget dengan grafis PSX. Vokal lumayan, walau terkadang sedikit monoton karena diulang-ulang melulu. Tetapi VP: COTP masih unggul dalam segi storyline. Total ada tiga ending berbeda, mulai dari best sampai worse sekalipun, lengkap dengan karakter2 yang berbeda di setiap opsi yang nanti kita pilih. Apakah kita lebih memilih Wylfred sebagai seorang avenger? Ataupun Wyl dalam jalur redemption? Terserah player laah..

Terinspirasi dari storyline nih game, apalagi habis dengerin lagu "Mad World"-nya Gary Jules... Secara mistis, entah kenapa jari-jari ini langsung tergerak. Okay, berikut aku persembahkan sebuah puisi untuk mengenang main VP:COTP sampe dapet seluruh ending-nya. Enjoy :P!

"On the Edge"
Stepping on the edge, I freak myself out
while I'm crying out loud
It just turns to the night - a crescent dives
A light stomped to the wind, a valkyrie
brought a message to the fallen-
allies
Mom's been weeping her bloody-tears alike

Been catching off some fears
I'm after, and trying to leave
the gloomy sorrow memories behind
The rain turns to be heavy, is the winter
or, just I ponder?
a vengeance is still flashy on my eyes... 

(Kalo jelek, tolong jangan ditimpuk bata gan....tapi kalo ngasih cendol, aku gak nolak) :D

7 comments:

aduhhh.... jadi inget game ini hahhahahha... btw, ada gt valkyrie profile di PSP???

setau mia adanya di ps 1 ama ps 2. yg ps 1 mengenai kisah Lenneth (susah bgt musuhnya >_<) di ps2 valkyrie sylmeria. Valkyrie Hel nya muncul bentar aja. Moga2 ntar di bikin cerita ttg Valkyrie Hel. cuma dia doang yg belom ada kisahnya dalam satu tubuh 3 Valkyrie itu.

btw, valkyrie profile mia yg ps 1 ilang aksetnya euyyyy T^T

February 6, 2010 at 2:00 AM  
Yunna said...

x>KucingTengil: ada laah...PSP gitu loh. Kl mo nyoba d kompie bs pk emulator...jd g ush bli PSPx :P

tul y, si Hel lom tmpil. Smg aj kisahx lbh tragis drpd Lenneth *evil giggle*. Kaset hilang? Kbtulan ak punya nih...m dwnload? kekeke..

x>Yunna: met pagi juga....baru bangun tidur nih...betapa pagi itu enaknya wat tidur ya, hahaha :D

February 7, 2010 at 1:20 AM  
Sari said...

Alohaaa...
Game yak? Aku bisanya maen solitaire hahaha :P

February 7, 2010 at 8:56 PM  

Tunggu.. yg di PSP itu valkyrie yg mana? sama ma yg valkyrie di PS 1 ya???? kalo sama mending main di ps1 aja,ps1 mia masih bisa dimainin tuh. Tapi kalo review valkyrie di psp-nya valkyrie di atas, berarti valkyrie-nya beda ma ps 1 neh. penegn maiiiiiin *bagi2 simulator psp ke kompi dunk Raxen T^T*

btw, mia kurang suka ma valkyrie di ps1, slain susah ngelawan musuhnya (bete) gameplay nya kurang bagus.

btw tau ga, cerita ttg valkyrie di ps 1 ini di ambil dari novel valkyrie loh. lupa karya siapa, tapi ttg lenneth jatuh cinta ma manusia ini emang dari cerita dari novelnya. Raxen tau judul novelnya ga??? katanya novelnya dah dari abad keberapa gituuuu

February 8, 2010 at 12:42 AM  
Chi said...

se7, balas dendam (yg buruk) emg ga menghasilkan apa" kcuali bikin cape sndiri.., kcuali klo balas dendam yg baik, conto : kmrn gagal jual produk k customer karena 1 ato 2 hal; lalu introspeksi n balas dendam dgn metode jualan yg lbih baik. [CMIIW] ^_^

February 8, 2010 at 2:27 AM  

x>Sari: wuakakaka....oke lah bu, postingan selanjutnya kembali lagi seperti biasa kok, hahay :D

x>KucingTengil: ceritanya masih sama...tapi dari yang lain-lain, wuih beda banget!
grafis lebih mantep, dubbingny lebih pas, CGnya lebih keren, animasi saat fighting juga lebih top. Pokoknya remake dri PSX, tp lbih th best lah ;-)!
diangkat dari novel? bukannya mitos asli dari Norse, tapi dengan bbrapa prubhan oleh tri-Ace? tp kurang thu jg sih...setauku pas baca boardx d official sitex gt :-/

x>Chi: wuah, setuju banget gan! kalo masalah penerapan dendam dalam segi berdagang, count me in! Dah beberapa kali ini metodeku lumayan lancar, kekeke..

February 8, 2010 at 1:55 PM  

Post a Comment