.avatar-image-container img { background: url(http://l.yimg.com/static.widgets.yahoo.com/153/images/icons/help.png) no-repeat; width: 35px; height: 35px; }

"Memento Mori"

What is the PRECIOUS thing you TREASURE most in your LIFE?

"Memento Mori" means:

Remember you are mortal...

Vita brevis breviter in brevi finietur,
Mors venit velociter quae neminem veretur,
Omnia mors perimit et nulli miseretur,

Ad mortem festinamus peccare desistamus.


Mengenai topik diatas, tidaklah salah berjudul 'makhluk' karena aku benar-benar ingin mencairkan hati-hati yang telah beku dan jiwa - jiwa yang terkunci rapat di dalam loker "kesedihan" (Wuhoo, sok puitis!)
Kita akan membahas sedikit mengenai ~Homunculus~ .


Apalagi kita GOOGLing, maka arti Homunculus sangatlah banyak, nah, karena banyak banget, aku cuma bahas tentang homunculus yang satu ini aj.

Dalam bidang ilmu neurologi dikenal sebuah istilah yang disebut 'sense' homunculus. Contohnya, saat kita memegang sebuah gelas berisi es degan, rasanya dingin kan? Tapi, walau rasa dingin ini dirasakan oleh ujung jari, sebenarnya dirasakan oleh otak (pasti dah tahu). Artinya, di dalam otak pun ada 'ujung jari'-nya -- atau dengan kata lain, ada bagian yang merasakan informasi (atau, menerima) dari ujung jari. Nah, indera di seluruh tubuh manusia eksis seperti peta pada permukaan otak, yang apabila dijadikan bentuk solid... akan menjadi seperti sosok dengan manusia kerdil, dengan tangan sangat besaar dan bibir paling NDOWER-paling lebar sepanjang sejarah.


~{x-For the complete text, please "click" the title above-x}~


Saat ingin merasakan sesuatu dengan kuat, kita tanpa sadar lebih sering menggunakan dua bagian paling primer, yaitu tangan atau bibir. Contoh paling gampangnya....S**s. Ok, lanjut... kita mempunyai berapa indera? (Lima!!!) Pinter, nah indera-indera itu adalah indera peraba, indera penglihat, indera pendengar, indera pencium dan indera perasa. Manusia bisa mendapatkan informasi dengan menggunakan seluruh indera ini, dan pengumpulan informasi dengan menggunakan semua lima indera, yang kita sebut sebagai '-PENGALAMAN-'.

Lalu semua hal yang pernah dialami seiring dengan waktu, diubah menjadi '-MEMORI-' dalam otak.

Nah, berhenti dulu. Aq jg pusing nulisnya nih...Tarik nafas...Haah..yak, sudah.

Apabila kita kesampingkan hal-hal yang rumit dari atas, maka gabungan dari pengalaman dan memori yang menyakitkan akan menjadi distorsi yang terbenam jauh di dalam hati orang. Terkadang kita pernah mengalami hal-hal yang sangat menyeramkan, jiwa kita terguncang, tetapi seiring berlalunya waktu, rasa takut itu pun terkubur jauh-jauh, dibantu dengan tekanan otak untuk segera mengenyahkannya dari kehidupan kita, rasa takut itu masih hidup....jauh di dalam hati kita tanpa kita sadari...

Rasa takut itu akan menjadi apa? Berbahaya gak? Sangat. Tahu hipnotis? Hipnotis tidak mempengaruhi kesadaran kita, melainkan langsung menuju tempat bawah sadar, sehingga apa-apa yang kita lakukan saat terhipnotis benar-benar lupa atau bahkan tidak tahu. Ketakutan, harapan yang tidak terkabulkan, mimpi yang pernah hancur, rasa bersalah yang mendalam... semua itu mendekam di bawah sadar kita dan mempengaruhi tindakan nyata kita tanpa disadari. Masih bingung? Ni ada beberapa contoh:

1. Ada seorang bos 'preman' yang terkenal dengan julukan -si pemotong jari-. Dia selalu memotong jari kelingking tangan kiri lawan yang mengganggunya, kemudian potongan jari-jari itu disimpannya di sebuah kotak hingga mencapai jumlah 76. Mengapa dia bertindak seperti itu? Masa sampe motong2 jari segala? Ternyata dibalik itu ada rahasia. Semasa kecilnya dia adalah petani dan selalu bekerja membantu ayahnya unutk memotong rumput ilalang yang mengganggu, dibantu dengan seorang temannya, anggap aja si Beh. Mereka selalu bekerja sama memotong rumput, si Beh menggenggam rumput dan 'preman' ini memotong rumput tersebut dengan sabit. Hingga sampai suatu hari, saat si Beh memegangi rumputnya, karena hari telah beranjak sore, pandangan 'preman' tsb sedikit rabun, saat dia menyabet rumput...ada darah yang terpercik. Rupanya dia memotong terlalu rendah, sehingga jari kelingking si Beh ikut terpotong. 'Preman' itu sangat terkejut...dan malu. Takut mengakui kesalahannya. Bukannya menolong, dia langsung kabur. Mulai saat itu dia sangat menyesal dan bertekad menebus dosanya dengan memotong jarinya. Tapi...
Dia takut. Dan akhirnya dia melampiaskannya dengan memotong jari orang lain.


2. Contoh lain, coba pelajari hidupmu pada masa lalu...trace back, reminisce atw apalah, lalu bandingkan dengan kehidupan sekarang. Apakah mimpi yang dulu tertulis saat ngumpulin angket pas SD masih sama dengan mimpi yang kamu jalani sekarang? Apakah watak, kepribadian tw apalah saat kita-kita masih "belia" dulu tetap tidak berubah sampai sekarang? Apakah pandangan kamu terhadap hidup ini masih sama atau relatif berubah-rubah? Ok, kalo sudah dijawabn nanti kita lanjutkan ke part berikutnya...

17 comments:

neilhoja said...

heu heu... oke, reminsce (betul ga tulisannya?) dulu... hehe

October 8, 2009 at 11:40 PM  

oh yo, sip2....salakh ketihk tuhk :-p

October 9, 2009 at 12:01 AM  
TT said...

saya hanya tau FULL METAL ALCHEMIST punya homunculus LOL

October 9, 2009 at 12:35 PM  

ahahaha. Ini juga terinspirasi dari manga yang berjudul sama: "Homunculus". Coba cari deh!

munkin sedikit agak beda sama d FMA, tp knytaanny hmpir sm aj.

October 9, 2009 at 5:28 PM  
c_ch4rly said...

homanculus? jd ingtFMA

March 12, 2010 at 9:58 PM  
Anonymous said...

infonya diangkat dari komik homonculus ya....

gw rasa untuk lebih mengerti coba baca aja komiknya. karena biasanya emang gambar lebih memudahkan kita mempelajari info baru.

November 2, 2010 at 7:28 AM  

x>c_ch4rly: right! btul sekali! pkiran prtma org mmbca homunculus psti akn tringat FMA, tp yg in sbnarny lain lg. Jdul komikny tu sndri: Homunculus ;D

x>anonym: yoha, u're right. btw, who th heck r u? :O

November 4, 2010 at 12:53 PM  

"who the heck are u,,,,". sopan sekali mister gagak ~~'

November 9, 2010 at 12:52 PM  

srry, bt I hate anonym. To me whoever the person is...a coward who's been concealing him/herself frm me,esp.coz ths is my home, either that prson gves m sme cmpliment or insult. Catch th drift? Or prhaps...u know who that is? :D

November 10, 2010 at 3:10 AM  

homunculus~! :)) really love that comic~! XD

November 22, 2010 at 4:35 AM  

x>jeonghaneul: umm, I wonder wht should I call u, hehe :P

hoho, sama dong?? dah bc smpe selesai lom? edisi trakhir volume k-10 kn?

November 23, 2010 at 3:02 PM  
Anonymous said...

tutup mata kiri dulu yak

March 4, 2011 at 10:08 PM  
Anonymous said...

ini sih dari komik :|

gak ada dari yang bener gan ?

April 22, 2011 at 5:18 AM  
aly said...

@atas gw
homunculus itu beneran ada kok
dlm istilah neurosains, homunculus adalah peta yang menggambarkan seberapa besarkah bagian otak kita yang terokupasi untuk merasakan impuls dari bagian2 tertentu

dari peta ini kemudian didapat gambaran sebagai berikut :
http://harmonicresolution.com/homunculus1.jpeg

keliatan kan, ada gambaran bibir, lidah, dan tangan yg besar sementara kaki dan tubuh yg kecil??

nahh, gambaran peta tersebut kemudian "dianimasikan" menjadi sesuatu yg lebih imajinatif, seperti :

http://2.bp.blogspot.com/_WusmHhKivwA/TJdBgO2geRI/AAAAAAAAKqU/qMj-c9BiKUg/s1600/Sensory-Homunculus.png

nahhh, itu adl homunculus jika ditinjau dari ilmu persyarafan (neurosains) :):):)

sementara, jika ditinjau dari sudut pandang etimologi, homunculus itu sendiri memiliki arti : manusia kecil di dalam tabung







p.s : homunculus dari neurosains terinspirasi dari asal katanya : homunculus (manusia kecil dalam tabung)

May 27, 2012 at 10:26 AM  
okui ng said...

pak, itu cerita pak bos yg potong jari kelingking itu bukan nya carita di komik homunculus?
????

September 24, 2012 at 3:49 AM  

x>aly: u're the man sob :3 dlu trinspirasi nulis gnian, emang gr2 trpengaruh bgt ma tu komik. tp gr2 tu, jd trmotivasi utk mmperdalam ilmu psikologi. nuhun, skrg kl mo ngejelasin, sdh ngerti bgt terminologi2 tsb

x>okui ng: iya :D bknny udh djelasin d komen atas2 nt, gan

September 28, 2012 at 2:43 AM  
Anonymous said...

really love Homonculus comic..

October 30, 2012 at 3:49 AM  

Post a Comment